Cara Registrasi e-Billing, Setor Pajak Secara Online

Cara Registrasi e-Billing, Setor Pajak Secara Online

Cara Registrasi e-Billing, Setor Pajak Secara Online | portalkppn.com – Saat ini Wajib Pajak dapat lebih mudah dalam pemenuhan kewajiban perpajakan dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas elektronik yang telah disediakan Direktorat Jenderal Pajak. Salah satu fasilitas tersebut adalah e-Billing.

Sistem pembayaran elektronik (billing system) berbasis MPN-G2 yang memfasilitasi Wajib Pajak untuk membayarkan pajaknya dengan lebih mudah, lebih cepat dan lebih akurat.

Apa itu Billing System?

Billing System adalah sistem yang menerbitkan kode billing untuk pembayaran atau penyetoran penerimaan negara secara elektronik, tanpa perlu membuat Surat Setoran (SSP, SSBP, SSPB) manual, yang digunakan e-Billing Direktorat Jenderal Pajak.

Salah satu fasilitas tersebut adalah e-Billing. Sistem pembayaran elektronik (billing system) berbasis MPN-G2 yang memfasilitasi Wajib Pajak untuk membayarkan pajaknya dengan lebih mudah, lebih cepat dan lebih akurat.


Apa Manfaat e-Billing Surat Setoran Pajak Elektronik?

e-Billing pajak hadir untuk mewujudkan komitmen DJP dalam pengalihan sistem manual menuju sistem elektronik perpajakan. Ada beberapa kanal yang telah disahkan DJP untuk memperoleh ebilling pajak. Salah satunya adalah aplikasi eBilling OnlinePajak.

Kelebihan aplikasi eBilling OnlinePajak dibandingkan kanal-kanal lainnya adalah sebagai berikut:

#1. Lebih Mudah

  • Anda tidak harus lagi mengantri di loket teller untuk melakukan pembayaran. Sekarang Anda dapat melakukan transaksi pembayaran pajak melalui internet banking cukup dari meja kerja Anda atau melalui mesin ATM yang Anda temui di sepanjang perjalanan Anda.
  • Anda tidak perlu lagi membawa lembaran SSP ke Bank atau Kantor Pos Persepsi. Sekarang Anda hanya cukup membawa catatan kecil berisi Kode Billing untuk melakukan transaksi pembayaran pajak. Cukup tunjukan Kode Billing tersebut ke telleratau masukkan sebagai kode pembayaran pajak di mesin ATM atau internet banking.

#2. Lebih Cepat

  • Anda dapat melakukan transaksi pembayaran pajak hanya dalam hitungan menit dari mana pun Anda berada
  • Jika Anda memilih teller bank atau kantor pos sebagai sarana pembayaran, sekarang Anda tidak perlu menunggu lama tellermemasukkan data pembayaran pajak Anda. Karena Kode Billing yang Anda tunjukkan akan memudahkan teller mendapatkan data pembayaran berdasarkan data yang telah Anda input sebelumnya
  • Antrian di bank atau kantor pos akan sangat cepat berkurang karena teller tidak perlu lagi memasukkan data pembayaran pajak

#3. Lebih Akurat

  • Sistem akan membimbing Anda dalam pengisian SSP elektronik dengan tepat dan benar sesuai dengan transaksi perpaiakan Anda, sehingga kesalahan data pembayaran seperti Kode Akun Pajak dan Kode Jenis Setoran, dapat dihindari
  • Kesalahan input data yang biasa terladi di teller dapat terminimalisasi karena data yang akan muncul pada Iayar adalah data yang telah Anda input sendiri sesuai dengan transaksi perpajakan Anda yang benar

Bagaimana cara registrasinya?

Yuk simak langkah-langkah berikut.

Cara Registrasi e-Billing, Setor Pajak Secara Online

Cara Registrasi e-Billing, Setor Pajak Secara Online

Untuk mendaftarkan NPWP dan Personal Identification Number (PIN), buka situs e-Billing Surat Setoran Pajak Elektronik melalui browser dengan alamat eBilling Pajak versi 2.

Lengkapi isian dengan benar :

  • NPWP;
  • Nama;
  • Alamat email;
  • PIN berupa 6 digit;
  • Kode keamanan (5 karakter angka dan huruf acak yang tertera pada gambar).

Setelah isian benar, klik Daftar.

Anda akan menerima konfirmasi aktivasi melalui e-mail yang telah dimasukkan pada tahap sebelumnya. Klik link Aktivasi untuk mengaktifkan akun Anda.

Hingga muncul notifikasi SUKSES.

Klik OK.

Kemudian login dengan NPWP dan PIN 6 digit yang telah Anda buat sebelumnya.

Kemudian klik Login.

Jika berhasil, Anda akan masuk ke halaman Dashboard e-Billing.

Demikian Cara Registrasi e-Billing, Setor Pajak Secara Online.

Semoga bermanfaat..!

Update :
Direktorat Jenderal Pajak telah menyiapkan Sistem Billing Pajak Versi Terbaru yang dapat diakses pada link berikut ini : e-Billing Pajak versi 2

Fitur tambahan pada Sistem Billing Pajak versi terbaru antara lain :

  • pembuatan Billing atas NPWP pihak lain (untuk Potongan/Pungutan pajak)
  • pembuatan Billing untuk untuk jenis Pembayaran Pajak tanpa-NPWP

Apabila Anda tetap ingin mengakses Sistem Billing Pajak versi lama silakan klik link berikut ini : e-Billing Pajak versi 1

About PortalKPPN 135 Articles
Unofficial Mekanisme Perbendaharan dan Pencairan Dana APBN. Baca : Disclaimer!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*