Mengenal Aplikasi Online Monitoring SPAN [OMSPAN]

Aplikasi Online Monitoring SPAN (OM SPAN) resmi dimuat di web perbendaharaan pada hari Rabu tanggal 26 November 2014.

Aplikasi OM SPAN diluncurkan dalam rangka memberikan layanan informasi yang cepat, akurat, terinci dan terintegrasi mengenai implementasi SPAN.

Apa itu Aplikasi OMSPAN ?

Aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara yang biasa disebut Aplikasi OM SPAN adalah aplikasi yang digunakan dalam rangka memonitoring transaksi dalam SPAN dan menyajikan informasi sesuai kebutuhan yang diakses melalui jaringan berbasis web.

Aplikasi OM SPAN bisa diakses di alamat spanint.kemenkeu.go.id


Manfaat Aplikasi OM SPAN bagi Satker

Pada awalnya Aplikasi OM SPAN ini hanya diperuntukan intern instansi di Ditjen Perbendaharaan. Namun sejak terbitnya PER-41/PB/2014, Satker mitra KPPN juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mendapatkan informasi status SPM, monitoring DIPA, pencetakan daftar SP2D dan lain-lain.

Data informasi dari OM SPAN tersebut berasal dari database SPAN, akan tetapi tidak realtime karena terdapat jeda waktu tertentu. Modul Aplikasi OM SPAN yang dapat diakses oleh satker terdiri dari :

  • Modul Penganggaran
  • Modul Komitmen
  • Modul Pembayaran
  • Informasi Lainnya terkait implementasi SPAN

Cara Mendapatkan User dan Password Aplikasi OM SPAN

Untuk dapat mengakses Aplikasi OM SPAN, Satker harus mengajukan permohonan kepada KPPN mitra kerjanya.

Surat permohonan pembuatan user dan password aplikasi OM SPAN yang disampaikan harus sesuai format surat permohoanan yang terdapat dalam lampiran PER-41/PB/2014.

Selain surat permohonan, satker juga wajib mengisi Form Isian/Data Pengguna Aplikasi OM SPAN.

Form isian meliputi kode satker, nama satker, no. DIPA, nama KPA, jabatan structural KPA, alamat satker, nomor telepon satker dan email satker.

Format Surat Permintaan User OM SPAN

Sesuai dengan Perdirjen Nomor PER-41/PB/2014 tanggal 24 Nopember 2014, pasal 4 ayat 2 bahwa pengguna OM SPAN sebagaimana ayat (1) harus mempunyai kode pengguna aplikasi (username) dan kata sandi (password).

Untuk mendapatkan username dan password tersebut, maka satuan kerja harus mengajukan permohonan pembuatan user ID dan password Aplikasi Online Monitoring SPAN.

Untuk mengunduh, klik di bawah ini.

Manual Aplikasi OM SPAN

Untuk memudahkan satker dalam penggunaan Aplikasi OM SPAN, Ditjen Perbendaharaan telah menyusun petunjuk penggunaan Aplikasi OM SPAN. Manual aplikasi ini merupakan satu kesatuan dengan PER-41/PB/2014.

Demikian artikel Mengenal Aplikasi Online Monitoring SPAN [OMSPAN].

Semoga bermanfaat.. !



ARTIKEL TERKAIT
About PortalKPPN 132 Articles
Unofficial Mekanisme Perbendaharan dan Pencairan Dana APBN. Baca : Disclaimer!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.