Perubahan Akun terkait TUP dan Belanja Vakasi

Berdasarkan Keputusan Dirjen Perbendaharaan Nomor KEP-224/PB/2013 tentang Kodefikasi Segmen Akun Pada Bagan Akun Standar, terdapat penambahan dan perubahan beberapa akun sebagai berikut :


A. Pemisahan Akun TUP dan Akun UP;

1. Akun Pengeluaran/Penerimaan Transito TUP;

Kode Akun Uraian Kode Akun Uraian
825511 Pengeluaran TUP Dana Rupiah 815511 Penerimaan TUP Dana Rupiah
825513 Pengeluaran TUP Pengguna PNBP (Swadana) 815113 Penerimaan TUP Pengguna PNBP (Swadana)
825514 Pengeluaran Tambahan Pengembalian Kelebihan Setoran Sisa TUP Tahun Anggaran Yang Lalu. 815514 Penerimaan Tambahan Pengembalian Kelebihan Setoran Sisa TUP TAYL
825515 Pengeluaran TUP Pengembalian (Restitusi) Pajak 815115 Penerimaan TUP Pengembalian (Restitusi)Pajak

B. Perubahan Akun Belanja Vakasi;

1. Akun Lama

Kode Akun Uraian Akun Keterangan
5123 Belanja Vakasi Kode Akun Tidak Digunakan
51231 Belanja Vakasi Kode Akun Tidak Digunakan
512311 Belanja Vakasi Kode Akun Tidak Digunakan

2. Akun Baru

Kode Akun Uraian Akun Keterangan
5212 Belanja Barang Non Operasional Akun dan Uraian Akun Lama
52121 Belanja Barang Non Operasional Akun dan Uraian Akun Lama
521213 Belanja Honor Output Kegiatan Akun dan Uraian Akun Lama, Penjelasan Akun Baru
Penjelasan Honor tidak tetap yang dibayarkan kepada pegawai yang melaksanakan kegiatan terkait dengan output sepert: honor untuk Pelaksanaan Kegiatan Penelitian, honor penyuluh non PNS, Honor TIM Pelaksana Kegiatan (pengarah, penanggung jawab, koordinator, ketua, sekretaris, anggota dan staf sekretariat), Honor Pejabat Pengadaan Barang/Jasa, Honor Panitia Pengadaan Barang/Jasa, Honor Panitia Pemeriksa Penerima Barang/Jasa, untuk pengadaan yang tidak menghasilkan Aset Tetap/Aset Lainnya, termasuk juga vakasi. Honor Output Kegiatan dapat digunakan untuk biaya honor yang timbul sehubungan dengan/dalam rangka penyerahan barang kepada masyarakat. Honor Output Kegiatan merupakan honor yang dibayarkan atas pelaksanaan kegiatan yang insidentil dan dapat dibayarkan tidak terus menerus dalam satu tahun.

C. Dalam hal Satuan Kerja yang masih menggunakan akun TUP dan Belanja Vakasi yang lama dalam pencatatan transaksi tersebut dari bulan Januari sampai dengan Juni 2014,maka diminta agar melakukan koreksi sesuai dengan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor : PER-89/PB/2011 Tentang Mekanisme Pengiriman dan Koreksi Data pada KPPN.

D. Apabila sampai dengan batas akhir penyusunan Laporan Keuangan Semester I Tahun 2014 koreksi sebagaimana dimaksud pada angka 2 belum dapat diselesaikan, agar diungkapkan dalam Catatan atas Laporan Keuangan.


Silahkan di share, semoga bermanfaat.. :)


http://omkepo.com


Berita | Informasi | Menarik
Baca Selengkapnya >>