Update:
Mulai Tahun 2017, seluruh Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) termasuk penyetoran pengembalian belanja, setoran sisa UP/TUP, harus menggunakan Aplikasi SIMPONI. Baca cara registrasinya di Cara Melakukan Registrasi Di Simponi.

Sesuai dengan Perdirjen Nomor PER-21/PB/2014 tentang Mekanisme Penyesuaian Pagu DIPA Atas Setoran Pengembalian Belanja Pada Pelaksanaan SPAN, diatur sebagai berikut :

01Pengembalian belanja dimaksud adalah disebabkan karena kelebihan pembayaran belanja atas beban APBN termasuk kelebihan pembayaran berdasarkan temuan aparat pemeriksa.

02Disetorkan ke Kas Negara dalam tahun anggaran berjalan menggunakan SSPB yang dihasilkan dari Aplikasi SAS. (Saat ini penyetorannya sudah harus menggunakan Aplikasi Simponi untuk mendapatkan Bukti Penerimaan Negara (BPN) sebagai pengganti SSBP).

03Setelah dilakukan penyetoran ke Kas Negara, Satker melakukan konfirmasi ke KPPN untuk memastikan setoran dimaksud telah dibukukan pada Kas Negara dengan membawa Bukti Penerimaan Negara (BPN) dan ADK Konfirmasi yang dihasilkan oleh Aplikasi SAS Modul PPK. Cara penginputan data setoran bisa dilihat di Cara Rekam Data Konfirmasi Setoran.

04Setelah melakukan konfirmasi setoran ke KPPN, PPK membuat surat pernyataan mengenai pengurangan realisasi anggaran belanja negara sesuai Format Lampiran II PER-21/PB/2014 kemudian menyampaikannya ke KPPN. Surat Pernyataan bisa diunduh di Format Lampiran II atau bisa dicetak melalui Aplikasi SAS modul PPSPM setelah melakukan proses perekaman pada Point 5). Surat Pernyataan disampaikan dengan melampirkan SSBP/Bukti Penerimaan Negara (BPN) dan bukti konfirmasi dari KPPN (Cetakan dihasilkan dari Aplikasi SAS Modul PPK, lihat point 3).

05Atas dasar surat pernyataan dari PPK, maka KPPN akan melakukan penyesuaian pagu DIPA satker berkenaan, kemudian menyampaikan surat pemberitahuan kepada satker bahwa pagu telah disesuaikan. Setelah itu, temen-temen satker harus melakukan penyesuaian pagu pada Aplikasi SAS, caranya bisa dilihat dilihat pada tulisan Cara Perekaman Penyesuaian Sisa Pagu DIPA pada Aplikasi SAS, setelah itu dana yang telah disetor tadi dapat digunakan kembali untuk pelaksanaan kegiatan pada Satker berkenaan.

Demikian semoga bermanfaat..

Untuk mengunduh, silahkan klik tautan di bawah ini.

Jangan lupa like & share.. 🙂

Baca Juga :