Informasi Mengenai Periode pengiriman ADK SAIBA ke e-Rekon-LK | portalkppn.com – Terkait banyaknya kesimpangsiuran pemahaman mengenai periode pengiriman ADK SAIBA ke aplikasi e-Rekon-LK, di sini penulis akan men-sharing informasi yang penulis dapatkan mengenai periode pengiriman ADK Rekon yang seharusnya..

.. sesuai dengan maksud dari surat Direktur Jenderal Perbendaharaan nomor S-4839/PB/2016 hal Pelaksanaan Rekonsiliasi Eksternal tingkat KPPN bulan Januari sampai dengan Mei 2016.

  1. Pada point 3 huruf a surat tersebut disebutkan bahwa :

    Satker menggunggah Arsip Data Komputer (ADK) dari Aplikasi SAIBA (Menu Utility » Pengiriman ke KPPN » Kumulatif s.d Bulan Mei 2016) ke aplikasi e-Rekon-LK.

    Menurut pendapat penulis, di sini jelas tertulis bahwa periode pengiriman dari Aplikasi SAIBA adalah Kumulatif s.d Bulan Mei 2016.

  2. Namun untuk memastikan hal tersebut, penulis berkonsultasi langsung dengan Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan mengenai maksud dari surat tersebut.Dari hasil diskusi, penulis mendapatkan informasi bahwa maksud dari pernyataan Kumulatif s.d Bulan Mei 2016 di sini adalah bahwa pengiriman ADK rekon dari Aplikasi SAIBA hanya satu bulan saja, yaitu bulan Mei 2016, namun periodenya kumulatif.
    informasi periode rekonArtinya bahwa ADK SAIBA tersebut sudah mewakili seluruh data transaksi keuangan satker dari bulan Januari 2016. Sehingga nantinya, hanya satu ADK saja (bukan 5 ADK) yang diupload ke website e-Rekon-LK, yaitu ADK kumulatif s.d bulan Mei 2016.
    informasi periode rekonDengan demikian, BAR yang dapat diterbitkan adalah BAR periode bulan Mei 2016 yang sudah mencerminkan hasil rekonsiliasi data transaksi keuangan dari bulan Januari 2016.
    informasi periode rekon

Demikian informasinya.

Silahkan di share, semoga bermanfaat.. 🙂

SHARE
Berbagi informasi tentang mekanisme pencairan dana APBN bagi penulis dan juga tentunya bagi seluruh satuan kerja di Indonesia. Baca : Disclaimer!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here