Update Aplikasi SIMAK Versi 16.1 Dan Referensi

Update Aplikasi SIMAK Versi 16.1 Dan Referensi

Update Aplikasi SIMAK Versi 16.1 Dan Referensi | portalkppn.com – Hal-hal yang Wajib Dipahami dalam Penggunaan Update Aplikasi dan Referensi SIMAK-BMN Versi 16.1

Update Aplikasi dan referensi SIMAK BMN versi 16.1 digunakan mulai penyusunan
laporan keuangan tingkat UAKPA tahun 2016 dan Laporan Barang Milik Negara semester II tahun 2016.

  1. Petunjuk teknis ini hanya berlaku bagi satker yang telah melakukan hal-hal
    sebagaimana dimaksud dalam petunjuk teknis sebelumnya, yang telah diatur dalam Lampiran IV Surat Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Nomor S-9599/PB.6/2016 tanggal 25 November 2016 hal Rilis Update Aplikasi SAIBA Versi 3.3, SIMAK-BMN Tingkat Satker Versi 16.0, dan Aplikasi Persediaan Versi 16.0.0.
  2. Bagi satker yang belum melakukan Update Aplikasi dan referensi SIMAK BMN versi 16.0 beserta hal-hal yang seharusnya dilakukan sebagaimana dimaksud angka 2 di atas, satker agar langsung melakukan update Aplikasi dan Referensi SIMAK-BMN tingkat satker versi 16.1 dan melakukan hal-hal sebagaimana dalam petunjuk teknis sebelumnya sesuai dengan S-9599/PB.6/2016, tanpa melakukan Update Aplikasi dan referensi SIMAK BMN versi 16.0 terlebih dahulu

Agar dibaca petunjuk teknis update aplikasi dan alternatif solusi permasalahan Aplikasi SIMAK 16.1 pada tautan di bawah ini.

Update Aplikasi SIMAK Versi 16.0

Petunjuk Singkat Update Aplikasi SIMAK Versi 16.0

  • Update Aplikasi dan Referensi SIMAK BMN Versi 16.0 digunakan mulai penyusunan laporan keuangan tingkat UAKPA bulan November 2016 dan Laporan BMN semster II Tahun 2016;
  • Update Aplikasi SIMAK-BMN Versi 16.0 mencakup :
    1. Penambahan kodefikasi dan akun baru terkait ATB;
    2. Perbaikan transaksi pada Aplikasi SIMAK-BMN versi sebelumnya (versi 15.1.4);
    3. Penambahan fitur normalisasi ATB dan perhitungan amortisasi pertama kali, transaksional dan reguler;
    4. Penambahan fitur normalisasi aset tetap dan perhitungan koreksi penyusutan.
  • File update terdiri dari :
    1. Update Aplikasi SIMAK-BMN Versi 16.0 (file update_bmnkpb16.0.exe); dan
    2. Update Referensi SIMAK-BMN Versi 16.0 (file UPDATE_REF_BMNKPB16.0.exe)
  • Lakukan verifikasi pencatatan ATB terlebih dahulu atas kesesuaian pengakuan dan pengukuran ATB dengan Buletin Teknis Nomor 17 Tahun 2014 tentang Akuntansi Akrual ATB. Apabila hasil verifikasi menunjukkan ketidaksesuaian pengakuan dan pengukuran ATB antara pencatatan yang telah dilakukan dengan Buletin Teknis Nomor 17 Tahun 2015, lakukan koreksi pencatatan terlebih dahulu sebelum melakukan amortisasi. Satker agar berpedoman pada Surat Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor : S-1327/KN/2016 tanggal 7 November 2016 hal Implementasi Amortisasi Barang Milik Negara berupa Aset Tak Berwujud pada Kementerian Negara/Lembaga.

Petunjuk Instalasi bisa diunduh pada tutorial di bawah ini.

Untuk mengunduh, silahkan klik link di bawah ini.

Update Aplikasi SIMAK 15.1.4

A. Petunjuk Singkat Update SIMAK-BMN Versi 15.1.4

  1. Lakukan proses backup data sebelum dan sesudah melakukan update. Backup data dapat dilaksanakan dengan cara menggunakan menu Utility » Backup, atau dengan melakukan copy database SIMAK-BMN (dbbmn10) ke folder lain. Langkah-langkah untuk back-up manual database SIMAK-BMN (dbbmn10), sebagai berikut:
    • Hentikan service mysqlbmn dengan cara menuju c:\program files\dbbmn10\; Matikan service mysqlbmn dengan cara klik kanan file mysql-stop, pilih run as administrator.
    • Copy folder dbbmn10 ke folder lain (eksternal Hardisk/Partisi lain);
    • Hidupkan kembali service mysqlbmn dengan cara menuju c:\program files\dbbmn10\ kemudian klik kanan file mysql-install, pilih run as administrator.
  2. Lakukan update aplikasi SIMAK BMN versi 15.1.4 dan update referensi 15.1.4
  3. Lakukan verifikasi dan analisis laporan terkait BMN dan Persediaan.

B. Hal-hal yang harus dihindari pada pengoperasian Aplikasi SIMAK BMN Update 15.1.4

  1. Transaksi Transfer Masuk tidak diperkenankan dilaksanakan lintas periode/lintas Semester. Transaksi Transfer Masuk harus dilakukan pada periode semester yang sama;
  2. Satker tidak diperkenankan melakukan proses penyusutan untuk Semester II sebelum seluruh transaksi Semester II diinput semua ke dalam aplikasi SIMAK BMN;

C. Daftar Perubahan Update Aplikasi SIMAK-BMN Versi 15.1.4

  1. Beberap menu yang sebelumnya disable, telah di-enable sebagai berikut:
    • Menu Utility – Jurnal Terima Persediaan.
    • Menu usulan hibah DK/TP.
    • Menu ATR yang menambah masa manfaat.
  2. Perbaikan menu-menu sebagai berikut:
    • Utility » Backup/Restore;
    • Utility » Perbaikan Data.
    • Koreksi perubahan Nilai/Kuantitas.
    • Transaksi reklasifikasi masuk.
    • Perolehan Aset Tetap Renovasi (Yang Tidak Menambah Masa Manfaat).
    • Transfer Keluar dan Transfer Masuk.
    • Perolehan Penyelesaian Pembangunan dengan KDP.
    • Hibah Masuk.

Untuk mengunduh silahkan klik link di bawah ini..

Silahkan share, semoga bermanfaat..

About PortalKPPN 140 Articles
Berbagi informasi tentang mekanisme pencairan dana APBN bagi penulis dan juga tentunya bagi seluruh satuan kerja di Indonesia. Baca : Disclaimer!

7 Comments

  1. Mohon bantuannya, aplikasi bmn tidak dapat mengirim ADK ke saiba apabila satker tidak memiliki aset tetap (misalkan penerima satker TP). sedangkan jika menggunakan transaksi dummy perolehan aset, walaupun nilainya Rp. 1,- , ternyata memunculkan aset dalam aplikasi SIMAK.

    Apakah ada solusi pengiriman ADK selain dengan transaksi dummy?
    terima kasih

    • Gagal kirim ADK bulan Juni dan Desember dari Aplikasi SIMAK-BMN ke Aplikasi SAIBA terjadi apabila:

      1) satker tidak memiliki aset tetap/aset lainnya, atau
      2) satker memiliki aset tetap/aset lainnya, namun nilai bukunya sudah nol.

      Hal ini diakibatkan oleh adanya validasi pada Aplikasi SIMAK-BMN yang fungsi utamanya adalah memastikan bahwa satker telah melakukan penyusutan reguler sebelum mengirimkan ADK ke Aplikasi SAIBA. Kondisi di mana satker tidak memiliki aset tetap/aset lainnya, atau nilai buku aset tetap/aset lainnya sudah nol membuat Aplikasi SIMAK-BMN seolah-olah membaca bahwa satker tersebut belum melakukan penyusutan reguler, sehingga tidak dapat melakukan pengiriman ADK ke Aplikasi SAIBA. Hal ini akan diperbaiki pada aplikasi versi selanjutnya, dengan menyesuaikan validasi pengiriman ADK tersebut.

      Solusi sementara yang Saudara lakukan sudah tepat, yaitu dengan melakukan transaksi dummy berupa perolehan aset ekstrakomptabel, misalnya dengan nilai perolehan Rp1,-

      Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, semoga update aplikasi berikutnya dapat mengatasi permasalahan tersebut..

      • Kl mau buat dummy nya tinggal rekam perolehan aset melalui salah satu menu yg tersedia dalam aplikasi simak, misalnya saldo awal. Sebaiknya aset yg direkam aset ekstrakomtabel (misalnya nilainya Rp.1).

        Tp saat ini sudah ada update simak 16.1, pake update ini aja pak.

  2. mohon bantuan,
    setelah dilakukan penyusutan semester 2, dan dikirim ke SAIBA muncul di LPE koreksi nilai aset tetap non revaluasi! itu wajar atau tidak ya? bagaimana seharusnya?

    • Munculnya akun koreksi nilai aset ttp non revaluasi itu merupakan hal yg wajar Pak. Karena jenis transaksi yg Bapak pilih dimungkinkan menghasilkan akun tersebut. Misalnya saldo awal, koreksi nilai aset, reklasifikasi, penyusutan transaksional, dll. Sedangkan utk penyusutan reguler, jurnal yg dihasilkan adalah debet : beban penyusutan, kredit : akumulasi penyusutan.

      Jadi koreksi nilai aset tetap non revaluasi yg muncul dilaporkan Bapak tsb, bukan diakibatkan penyusutan reguler, namun oleh transaksi lain yg terjadi selama periode tsb. Utk memahami transaksi2 apa saja yg menghasilkan akun tsb, bapak dapat membaca juknis terkait menu aplikasi simak dan persediaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*