Cara Setting Referensi Aplikasi SAS 2017 | portalkppn.com – Ini adalah tutorial cara setting referensi pada Aplikasi SAS 2017. Sebelum melakukan setting referensi, terlebih dahulu lakukan transfer pagu pada Aplikasi SAS.

Baca Juga : Cara Transfer Pagu DIPA Pada Aplikasi SAS.

Jika sudah, bisa lanjut ke langkah berikut ini.

  1. Buka Aplikasi SAS 2017, kemudian login menggunakan User : admin, password : admin.
  2. Buka menu Referensi I » BPP sehingga muncul kotak dialog seperti gambar.
    Cara Setting Referensi Aplikasi SAS 2017Kemudian klik tombol keluar (tombol bulat). Langkah ini bertujuan untuk membentuk (trigger) kode referensi Bendahara Pengeluaran dengan kode : 00.
  3. Selanjutnya masih pada menu Referensi I » Kode PPK »Rekam, kemudian klik tombol Rekam.
    Cara Setting Referensi Aplikasi SAS 2017Jika PPK lebih dari satu orang, rekam secara berurutan.
    Cara Setting Referensi Aplikasi SAS 2017
  4. Langkah selanjutnya adalah merekam user Aplikasi SAS 2017. Dari Referensi I » User »Rekam. Rekam seluruh user yang ada sesuai dengan kode-nya masing-masing.
    Cara Setting Referensi Aplikasi SAS 2017
  5. Berikutnya adalah setting satker. Pada menu Referensi I » Satker. Cari satker pada kolom pencarian, kemudian centang.
    Cara Setting Referensi Aplikasi SAS 2017
  6. Langkah berikutnya adalah setting KPPN, pada menu Referensi I » KPPN. Centang KPPN yang menjadi mitra kerja satker.
    Cara Setting Referensi Aplikasi SAS 2017
  7. Kemudian rekam referensi pejabat. Pada menu Referensi I » Pejabat » Rekam.
    Cara Setting Referensi Aplikasi SAS 2017
    Rekam seluruh pejabat yang ada, sesuaikan dengan kode pada Keterangan.
  8. Berikutnya adalah rekam referensi nomor kontrak. Pada menu Referensi I » Nomor Kontrak » Rekam.
    Cara Setting Referensi Aplikasi SAS 2017
  9. Langkah berikutnya adalah mengambil referensi supplier dari Aplikasi SAS 2016, tujuannya agar teman-teman satker tidak melakukan perekaman ulang kembali sehingga bisa meminimalisir kesalahan perekaman.
    Masuk ke menu Utility » Ambil Data Supplier 2016. Namun langkah ini bisa dilakukan jika Aplikasi SAS 2017 dan SAS 2016 berada pada Laptop/PC yang sama atau pada jaringan komputer yang sama.
    Cara Setting Referensi Aplikasi SAS 2017Login dengan user dan password yang digunakan pada Aplikasi SAS 2016, kemudian klik tombol Ambil.
  10. Selanjutnya adalah membagi pagu per masing-masing PPK. Masuk ke menu Pagu » Pembagian Pagu.
    Cara Setting Referensi Aplikasi SAS 2017Bagi pagu sesuai kode masing-masing PPK pada saat perekaman di point 3 tutorial ini. Setelah selesai, simpan kemudian keluar.

Sampai tahap ini proses setting referensi telah selesai. Aplikasi SAS 2017 sudah siap untuk digunakan.

Silahkan di share, semoga bermanfaat.. 🙂

SHARE
Berbagi informasi tentang mekanisme pencairan dana APBN bagi penulis dan juga tentunya bagi seluruh satuan kerja di Indonesia. Baca : Disclaimer!

22 COMMENTS

  1. Selamat siang.

    Maaf Bapak/Ibu, saya mau nanya.
    Cara merubah Nomor Karwas jika ingin menambahkan pejabat lagi bagaimana ya? Karena di satker saya pake 4 anak satker untuk membedakan spm yang dibuat di tiap bagian/bidangnya.

    Terima kasih.

    • Selamat siang..
      No Karwas tidak perlu ditambah atau diubah Bu. No karwas itu dulu digunakan jika 1 satker memiliki beberapa DIPA dengan kode satker yang sama namun beda unit ES 1, atau untuk SKPA. Saat ini tidak digunakan lagi.

      Jika ada 4 anak satker, Ibu hanya perlu rekam masing-masing PPK-nya saja seperti pada point 3. Kemudian buat user masing-masing PPK sesuai dengan kode PPK/Anak satker-nya (Point 4). Kemudian bagi pagu-nya per masing-masing PPK (Point 10).

  2. Mhon Solusinya Bapak/Ibu..
    Saat ini kami telah menggunakan SAS 2017 Versi 17.0.2, Kami kesulitan saat akan mebuat Berita Acara pada modul silabi. rekening bendahara tidak muncul padahal kami telah merekamnya pada modul admin menu referensi dan pada modul silabi menu rekening bendahara. mohon solusinya.

  3. selamat siang, mohon informasi kami saat ini menggunakan aplikasi SAS 2017, tapi saat kami mengganti nama KPA saat ingin cetak DPP untuk PPNPN tidak muncul nama KPAnya.. mohon petunjuknya.

  4. Mohon bantuanx, pada saat mau masukkan revisi DIPA ke SAIBA versi 4.0, kami mengalami kesulitan gimana solusix, trm ksh atas kerja samax.

  5. Saya sudah instal aplikasi sas 17.0.4 tapi khusus untuk masuk modul admin tidak bisa (“password salah”), mohon solusinya. Terima kasih.

    • Seluruh modul atau hanya password admin saja yang salah Pak?

      Kalau seluruh modul dianggap salah password, ganti file vfp9errorcodes.dll yang ada di c:/AplikasiSAS2017 dengan file yang sama dari Aplikasi SAS 2016.

  6. Mohon maaf mau nanya, di saat sy buat SPP di situ Kan ada kolom BLN, nah di kolom kategori/sektorx muncul kotak pilihan, tp dikotak pilihan itu tidak muncul pilihan, cuma kosong gitu, misal sy mau pilih sektor 1 civil Work Trus nanti akan muncul load/porsi 100%, dan di load/porsi tsb su manual mau tulis 100% tp Gk bisa cuma muncul 1,00%, mohon solusix, mksh

    • Lengkapi dulu isian pada Referensi II > Pinjaman / Kategori Pinjaman / Register

      Sesuaikan dengan PMK BLN tersebut Pak..

      Semoga membantu..

  7. Mohon maaf, ijin untuk bertanya ya…
    Gimana ni solusi user dan perekaman pejabat pada aplikasi sas 17.0.4 dlm 1 laptop untuk 2 satker dengan PPK, KPA dan Bendahara pengeluaran yg sama, hanya saja PPSPM yg berbeda.
    Trims atas pencerahannya.

    • Tinggal rekam saja PPSPM yang kedua Pak. Nanti sebelum merekam SPM, tinggal centang default-nya saja di modul Admin > Referensi I > Pejabat.

      Misal :
      SPM 00001 PPSPM-nya A, centang PPSPM A sebelum merekam SPM 00001
      SPM 00002 PPSPM B, centang PPSPM B sebelum merekam SPM 00002

      Apabila terlanjur merekam SPM dan PPSPM-nya salah, SPM dan SPP harus dibatalkan dan dihapus, kemudian direkam lagi dengan mencentang PPSPM yang benar.

      Semoga membantu..

  8. Mohon izin untuk bertanya ;
    Bagaimana cara yang efektif jika data input di masing2 PPK sangat banyak? Bagaimana caranya untuk menginput masing2 PPK dengan leptop yang berbeda? Pakai menu transaksi apa untuk mengirim hasil transaksi dari PPK ke Modul Admin? Atau adakah caranya untuk menginput data dengan masing2 PPK dengan leptop yang berbeda – beda? Cara menggabungkannya datanya seperti apa? Terimakasih.

    • Cara paling efektif untuk permasalahan di atas adalah menggunakan Aplikasi SAS dgn sistem jaringan Pak.

      Menyediakan 1 PC yg dijadikan server Aplikasi SAS, kemudian PC atau laptop masing2 PPK terhubung ke server SAS. Jadi penginputan data bisa dilakukan beramai2 di waktu yg bersamaan, jg menghilangkan proses pengiriman ADK transaksi dan tidak ada penggabungan data.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here