Cara Rekam Penyesuaian Sisa Pagu DIPA Pada Aplikasi SAS

Sesuai dengan perdirjen nomor PER-1/PB/2013 tanggal 10 Januari 2013 tentang Tata Cara Penyesuaian Sisa Pagu DIPA Pada KPPN dan Satuan Kerja Atas Setoran Pengembalian Belanja, kemudian setelah penerapan SPAN, diatur lebih lanjut dengan PER-21/PB/2015 tentang Mekanisme Penyesuaian Pagu DIPA Atas Setoran Pengembalian Belanja Pada SPAN, maka kali ini saya akan membuat tutorial tentang cara perekaman penyesuaian sisa pagu DIPA pada Aplikasi SAS.


Yuk ikuti langkah-langkahnya berikut ini :
  1. Buka Aplikasi SAS menggunakan user dengan level PPSPM (Modul SPM).
  2. Sebelum melakukan perekaman, pastikan data SPM yang ingin dikembalikan pagunya telah dicatat nomor SP2D-nya terlebih dahulu melalui menu SPM =>Catat Nomor SP2D kemudian di Load Master melalui menu SPM => Load Master.
  3. Setelah itu, Pilih Pagu => RUH SSPB.
  4. Kemudian pilih Rekam. Rekam setoran yang akan disesuaikan pagunya.
    Penyesuaian sisa Pagu DIPA pada aplikasi SAS
    Jika sudah, klik Simpan.

  5. Kemudian klik NTPN untuk merekam NTPN yang diperoleh setelah melakukan penyetoran ke kas negara. Sesuaikan dengan Bukti Penerimaan Negara (BPN).
    Penyesuaian sisa Pagu DIPA pada aplikasi SAS
    Jika sudah, klik Keluar.

  6. Langkah selanjutnya adalah membuat Surat Pernyataan. Pilih menu Pagu => RUH Surat Pernyataan Pengembalian Belanja. Pilih data yang ingin diproses, kemudian klik Proses.
    Penyesuaian sisa Pagu DIPA pada aplikasi SAS

  7. Isi Nomor Surat dan Tanggal Surat dari Satker, kemudian Nama PPK dan alasan pengembalian belanja tersebut di kolom Pertimbangan.
    Penyesuaian sisa Pagu DIPA pada aplikasi SAS
    Jika sudah, klik Simpan.

  8. Kemudian klik Cetak untuk mencetak Surat Pernyataan Pengembalian Belanja.
    Penyesuaian sisa Pagu DIPA pada aplikasi SAS

  9. Setelah dicetak, klik Kirim, untuk mentransfer ADK penyesuaian pagunya ke KPPN. Arahkan ke drive yang akan dituju, lalu OK.
    Penyesuaian sisa Pagu DIPA pada aplikasi SAS
    Penyesuaian sisa Pagu DIPA pada aplikasi SAS

  10. Satker menyampaikan Surat Pernyataan Pengembalian Belanja tersebut ke KPPN dengan melampiran Bukti Penerimaan Negara (BPN) dan surat konfirmasi setoran dari KPPN. Lebih lanjut baca di Cara Rekam Data Konfirmasi Pada SAS.
    Setelah seluruh berkas dan ADK disampaikan ke KPPN, maka Satker akan menerima surat pemberitahuan dari KPPN bahwa pagu telah disesuaikan.

  11. Langkah selanjutnya adalah, pilih Pagu => RUH Surat Pernyataan Pengembalian Belanja. Kemudian klik Penyesuaian Sisa Pagu hingga muncul tampilan berikut.
    Penyesuaian sisa Pagu DIPA pada aplikasi SAS
    Isi Nomor Surat Pemberitahuan dan Tgl. Surat sesuai dengan nomor dan tanggal Surat Pemberitahuan dari KPPN.
    Kemudian klik Simpan.
    Penyesuaian sisa Pagu DIPA pada aplikasi SAS

  12. Sampai pada tahap ini, proses penyesuaian pagu telah selesai. Dana yang telah disetor sebelumnya kini bisa dipergunakan kembali.
Demikian cara perekaman penyesuaian pagu pada Aplikasi SAS, semoga bermanfaat.. :)

Jangan lupa like & Share.. :)


Hak Cipta © 2014 Portal KPPN. All rights reserved.