Sifat Pembayaran SPM GUP Nihil ? | portalkppn.com – Ada perbedaan pendapat mengenai berapa sih kode yang benar untuk sifat pembayaran SPM GUP Nihil?

Sebelum kita bahas lebih lanjut, ada beberapa hal yang harus sudah dipahami, yaitu :

  1. SPM GUP Nihil yang dimaksud di sini adalah SPM GUP Nihil atas pengesahan/pertanggungjawaban UP (bukan TUP).
  2. Sifat Pembayaran pada SPM.
    Yang dimaksud dengan sifat pembayaran untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini
    sifat pembayaran pada spm nihil

Berdasarkan PMK-190/PMK.05/2012 pasal 54 hal penerbitan SPP-GUP Nihil, yang dijelaskan dengan Petunjuk Pengisian SPP pada Lampiran IV, tertulis bahwa kode 5 = GUP Nihil, sedangkan 6 = PTUP.

sifat pembayaran SPM GUP Nihil

Atas dasar ini lah sebagian berpendapat bahwa untuk SPP GUP Nihil, sifat pembayaran yang benar adalah 5.

Sedangkan pada Lampiran XIII, hal Petunjuk Pengisian SPM, tertulis bahwa sifat pembayaran SPM 5 = Nihil, diisi apabila penerbitan SPM tidak menyebabkan selisih belanja dan pendapatan selain SPM GUP-Nihil.

sifat pembayaran SPM GUP Nihil

Dari penjelasan tersebut jelas bahwa sifat pembayaran SPM GUP Nihil tidak mungkin 5 dan ini artinya sifat pembayaran 5 (Nihil) tidak digunakan lagi. Atas dasar ini lah sebagian lain berpendapat bahwa SPM GUP Nihil sifat pembayaran yang benar adalah 3.

Tentunya hal ini menyebabkan ketidaksinkronan sifat pembayaran antara SPP degnan SPM, bagaimana mungkin SPP dengan sifat pembayaran 5 menghasilkan SPM dengan sifat pembayaran 3, padahal sumber data SPM adalah SPP.

Baca Juga:

    Karena ketidaksinkronan itulah maka terbit surat Direktur PA nomor S-3802/PB/2013 tentang Penjelasan Sifat Pembayaran Penerbitan SPP dan SPM.

    Pada point nomor 3 (tiga) di surat tersebut dijelaskan bahwa di petunjuk pengisian tertulis “Selain SPM GUP Nihil” seharusnya adalah “Selain pertanggungjawaban SPM TUP”.

    sifat pembayaran spm gup nihil

    Jadi sampai pada tahap ini, dengan adanya surat Direktur PA yang mengkoreksi lampiran VIII PMK 190, sudah jelas bahwa jenis pembayaran untuk SPM GUP Nihil adalah 5 (Nihil) bukan 3 (Penggantian UP).

    Namun ternyata, pada Aplikasi SAS 2016 update 16.0.4 tanggal 13 April 2016, saat satuan kerja merekam SPM GUP Nihil, dan mengisi sifat pembayaran dengan 5 yang sudah sesuai dengan peraturan yang disebutkan di atas, muncul notifikasi seperti gambar di bawah ini..

    sifat pembayaran SPM GUP Nihil

    Nah lo tambah bingung kan?

    Berdasarkan informasi yang saya terima dari Direktorat Sistem Informasi & Teknolgi Perbendaharaan, bahwa dikarenakan kebutuhan sistem SPAN, maka Aplikasi SAS versi terbaru menyesuaikan yaitu menggunakan kode Sifat Pembayaran : 3 (Penggantian UP).

    Sehingga yang benar adalah Jenis Pembayaran : 1 (Pengeluaran Anggaran), Sifat Pembayaran : 3 (Penggantian UP).

    Silahkan di share, semoga bermanfaat.. 🙂

    SHARE
    Berbagi informasi tentang mekanisme pencairan dana APBN bagi penulis dan juga tentunya bagi seluruh satuan kerja di Indonesia. Baca : Disclaimer!

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here