Mekanisme Penyelesaian dan Penatausahaan Retur SP2D Dalam Rangka Implementasi SPAN

Sesuai dengan perdirjen nomor PER-30/PB/2014 tentang Mekanisme Penatausahaan dan Penyelesaian Retur SP2D Dalam Rangka Implementasi SPAN, penulis akan menjelaskan point-point penting yang perlu diketahui oleh satuan kerja.

Bagi satuan kerja yang belum memahami apa itu retur SP2D, bisa dibaca terlebih dahulu mengenai penjelasan tentang retur SP2D. Bagi yang sudah memahami, bisa lanjut ke point berikutnya.

Mekanisme Penyelesaian Retur

  1. Jika terjadi retur, maka KPPN akan menyampaikan Surat Pemberitahuan Retur SP2D kepada KPA/Satker dengan dilampiri Daftar Retur SP2D.
  2. Berdasarkan Surat Pemberitahuan Retur SP2D tersebut, maka KPA/Satker melakukan perbaikan data supplier dan/atau data kontrak pada Aplikasi SAS/GPP.
  3. Setelah itu, satker menyampaikan Surat Ralat/Perbaikan Rekening ke KPPN paling lambat 7 hari kerja setelah Surat Pemberitahuan Retur SP2D diterima oleh satker. Format surat bisa diunduh pada tautan di bawah ini.
    Lampiran III
    Dengan melampirkan :
    1. SPTJM sebagaimana Lampiran IV;
    2. ADK untuk pendaftaran data supplier apabila :
      • Supplier belum pernah didaftarkan ke SPAN; atau
      • Data supplier yang telah didaftarkan memerlukan perubahan pada nama bank dan/atau nomor rekening.
    3. Surat Permintaan Perubahan Data Supplier jika bukan karena kesalahan nama bank dan/atau nomor rekening. Format sesuai Lampiran V.
    4. ADK perubahan data kontrak apabila mengakibatkan perubahan data kontrak yang telah didaftarkan pada SPAN.

Untuk menghindari terjadinya retur SP2D yang diakibatkan karena kesalahan perekaman pada data supplier, sebaiknya satker memeriksa terlebih dahulu data supplier yang sudah didaftar pada SPAN melalui aplikasi OM SPAN yang bisa diakses pada halaman web spanint.kemenkeu.go.id.

Untuk mengetahui cara memeriksa supplier yang sudah terdaftar di SPAN, bisa dilihat disini. (Klik Disini).

Sehubungan dengan Rollout SPAN, dalam rangka penyelesaian Retur SP2D Tahun Anggaran 2014 dan untuk keperluan mendaftarkan data supplier pada SPAN, satker membuat SPM dummy. Cara membuat SPM dummy bisa dilihat disini. (Klik Disini).


Demikian semoga bermanfaat..

Untuk mengunduh PER-30/PB/2014, klik tautan di bawah ini.

Jangan lupa like & share.. :)

Hak Cipta © 2014 Portal KPPN. All rights reserved.