Cara Membuat SPM Dummy

Pada dasarnya cara membuat SPM Dummy sama dengan halnya membuat SPM lain. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatannya.

Berikut ini cara membuat SPM Dummy.

Selengkapnya: Cara Membuat SPM Dummy

Mekanisme Penyelesaian dan Penatausahaan Retur SP2D Dalam Rangka Implementasi SPAN

Sesuai dengan perdirjen nomor PER-30/PB/2014 tentang Mekanisme Penatausahaan dan Penyelesaian Retur SP2D Dalam Rangka Implementasi SPAN, penulis akan menjelaskan point-point penting yang perlu diketahui oleh satuan kerja.

Bagi satuan kerja yang belum memahami apa itu retur SP2D, bisa dibaca terlebih dahulu mengenai penjelasan tentang retur SP2D. Bagi yang sudah memahami, bisa lanjut ke point berikutnya.

Selengkapnya: Mekanisme Penyelesaian dan Penatausahaan Retur SP2D Dalam Rangka Implementasi SPAN

Penjelasan Tentang Retur SP2D

Update : Setelah penerapan SPAN, mekanisme retur SP2D diatur lebih lanjut di perdirjen nomor PER-30/PB/2014 tentang Mekanisme Penyelesaian dan Penatausahaan Retur SP2D Dalam Rangka Implementasi SPAN.

Pastinya beberapa satuan kerja pernah mengalami yang namanya retur SP2D. Pernah bertanya-tanya kenapa kok uangnya tidak masuk ? Padahal SP2D-nya sudah terbit. Oleh karena itu, di artikel kali ini kami akan memberikan penjelasan tentang apa sih retur SP2D itu? Dan bagaimana mencegahnya agar tidak terjadi retur.

Selengkapnya: Penjelasan Tentang Retur SP2D

Hak Cipta © 2014 Portal KPPN. All rights reserved.