Cara Mengetahui Sisa UP/TUP Melalui OMSPAN

Informasi :
Oh ya.. Perlu temen-temen satker ketahui, bahwa pemutakhiran data pada Karwas UP/TUP Per Satker ini dilakukan pada pukul 07.00 WIB, 11.00 WIB dan pukul 15.00 WIB untuk yang sumber datanya berasal dari SPM. Jadi misalnya, rekan satker mengajukan SPM PTUP/GUP Nihil pada pukul 09.00 WIB, maka datanya akan masuk ke OMSPAN setelah pukul 11.00 WIB.

Sedangkan yang sumber datanya berasal dari setoran (SSBP), pemutakhiran data dilakukan sehari sekali. Jadi misalnya rekan satker menyetorkan setoran UP/TUP hari ini, maka datanya akan muncul pada keesokan harinya.


Dengan adanya Aplikasi OMSPAN saat ini, diharapkan bisa menjadi tools atau alat pendukung bagi satuan kerja untuk memudahkan dalam memantau transaksi yang terjadi pada sistem SPAN. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh Aplikasi OMSPAN ini adalah Kartu Pegawasan UP/TUP per Satker untuk membantu satker mengawasi UP dan TUP yang dimilikinya.

Nah oleh karena itu, kali ini saya akan membahas tentang bagaiman Cara Mengetahui Sisa UP/TUP melalui sub modul Karwas UP/TUP Per Satker ini.

Bagi satuan kerja yang belum memiliki user ID dan Password untuk mengakses Aplikasi OMSPAN, bisa mengajukan permohonan pembuatan User ID dan Password ke KPPN dengan menggunakan format yang bisa diunduh di Format Permintaan User OM SPAN.

Bagi yang sudah punya User ID dan Password, bisa langsung login ke Aplikasi OMSPAN di http://spanint.kemenkeu.go.id/.
  1. Login ke Aplikasi OMSPAN.
  2. Klik Menu pada pojok kiri atas, kemudian pilih Modul Pembayaran, kemudian pilih Karwas UP untuk menampilkan kartu pengawasan UP, atau pilih Karwas TUP untuk menampilkan kartu pengawasan TUP.
    Cara Mengetahui Sisa UP/TUP Melalui OMSPAN

  3. Jika sudah, maka akan dihadapkan pada halaman Karwas UP Per Satker atau Karwas TUP Per Satker.
  4. Pada halaman Karwas UP Per Satker kita bisa melihat Total UP, Pengurangan UP serta Sisa UP per Sumber Dana.
    Cara Mengetahui Sisa UP/TUP Melalui OMSPAN

    Di kolom berikutnya adalah Tgl SP2D GUP Terakhir, Total SP2D GUP Terakhir, Persentase Dari UP, Batas Teguran dan Keterangan.
    Cara Mengetahui Sisa UP/TUP Melalui OMSPAN

  5. Pada nilai di Total UP, temen-temen satker bisa meng-kliknya untuk melihat Daftar SPM UP/GUP Nihil pada satker Saudara. Akan muncul tampilan seperti ini.
    Cara Mengetahui Sisa UP/TUP Melalui OMSPAN

  6. Sedangkan pada nilai di Total GUP, temen-temen satker bisa meng-kliknya untuk melihat Daftar SP2D Satker yang isinya adalah daftar SPM GUP terakhir Saudara. Sehingga muncul tampilan seperti ini.
    Cara Mengetahui Sisa UP/TUP Melalui OMSPAN

    Bahkan rekan satker bisa mengecek sampai detail per-akun dengan meng-klik Cek Akun pada daftar SPM yang ingin dilihat detailnya. Seperti ini contohnya.
    Cara Mengetahui Sisa UP/TUP Melalui OMSPAN

  7. Fungsi-fungsi tersebut di atas juga berlaku untuk Karwas TUP Per Satker, sehingga rekan satker bisa mengecek daftar SPM PTUP (Penihilan TUP), setorannya serta sisa TUP yang harus dipertanggungjawabkan bahkan hingga kapan batas terakhir untuk melakukan pertanggungjawabannya..
    Cara Mengetahui Sisa UP/TUP Melalui OMSPAN

  8. Dengan adanya pengawasan ini bisa membantu satker untuk memonitoring terlambat tidaknya pertanggungjawaban atas SPM TUP. Jika terlambat, maka statusnya akan berubah menjadi warna merah seperti ini.
    Cara Mengetahui Sisa UP/TUP Melalui OMSPAN
    Berwarna kuning jika penihilan SPM TUP tersebut pernah terlambat namun saat ini sudah dinihilkan.

  9. Apabila sebuah SPM UP ataupun SPM TUP telah selesai dinihilkan (dipertanggungjawabkan), maka SPM UP/TUP tersebut akan hilang dari daftar Karwas UP/TUP Per Satker. Jadi jangan kaget ya kalau tiba-tiba SPM UP/TUP-nya menghilang.. :)

  10. Jika setelah melihat Karwas UP/TUP Per Satker ini kemudian rekan satker merasa ada data yang tidak benar, kurang akurat, salah tempat, sebaiknya segera konfirmasi ke KPPN setempat. Karena kemungkinan ada kesalahan kode akun baik pada SPM UP/TUP dan penihilannya ataupun pada setorannya.
Setelah mengetahui seluruh fasilitas yang ada pada Karwas UP/TUP Per Satker pada OMSPAN ini, tentunya satker bisa melihat sendiri dung, berapa sisa UP/TUP yang belum dipertanggungjawabkan.

Sisa UP Sisa TUP
Cara Mengetahui Sisa UP/TUP Melalui OMSPAN Cara Mengetahui Sisa UP/TUP Melalui OMSPAN


Demikian semoga bermanfaat...


Jangan lupa like & share.. :)


Cara Import Data Supplier dari OM SPAN ke Aplikasi SAS

Saat ini merekam data supplier di Aplikasi SAS menjadi lebih mudah dan akurat karena disediakannya fasilitas baru pada Aplikasi SAS yaitu import data supplier dari OM SPAN.

Dengan adanya fasilitas ini diharapkan dapat mengurangi kesalahan pengetikan (human error) pada saat perekaman referensi supplier di Aplikasi SAS yang bisa mengakibatkan tertolaknya SPM / data kontrak dan juga retur SP2D.

Adapun langkah-langkah untuk mengimport data supplier dari OM SPAN sebagai berikut :

Selengkapnya: Cara Import Data Supplier dari OM SPAN ke Aplikasi SAS

Format Permintaan User OM SPAN

Sesuai dengan Perdirjen Nomor PER-41/PB/2014 tanggal 24 Nopember 2014, pasal 4 ayat 2 bahwa pengguna OM SPAN sebagaimana ayat (1) harus mempunyai kode pengguna aplikasi (username) dan kata sandi (password).


Untuk mendapatkan username dan password tersebut, maka satuan kerja harus mengajukan permohonan pembuatan user ID dan password Aplikasi Online Monitoring SPAN.

Selengkapnya: Format Permintaan User OM SPAN

Cara Pengecekan Data Supplier di Aplikasi OM SPAN

Update : Saat ini di Aplikasi SAS Versi 16.0.4 sudah disediakan menu Import data supplier dari Aplikasi OM SPAN. Langkah-langkahnya bisa di lihat di Cara Import Data Supplier Dari OM SPAN ke Aplikasi SAS.


Sebelum melakukan pendaftaran supplier baru ke KPPN, sebaiknya satker melakukan pengecekan terlebih dahulu di Aplikasi OM SPAN untuk menghindari tertolaknya SPM dikarenakan sudah terdaftarnya supplier oleh satker lain dengan nama supplier yang berbeda (tidak identik). Juga tentunya untuk menghindari terjadinya retur SP2D karena kesalahan nama pemilik rekening atau kesalahan nomor rekening.

Selengkapnya: Cara Pengecekan Data Supplier di Aplikasi OM SPAN

Petunjuk Manual Aplikasi OM SPAN

Aplikasi Online Monitoring Transaksi SPAN merupakan tools atau alat pendukung yang dapat digunakan untuk memantau transaksi yang terjadi pada sistem SPAN. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasi web dapat diakses dengan mudah melalui media browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome dan browser lainnya.

Dalam buku petunjuk pengoperasian aplikasi ini akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah dalam memonitoring transaksi yang ada di SPAN. Adapun data yang dapat dimonitor oleh user adalah sebagai berikut terkait data user aktif maupun tidak aktif pada KPPN, manajemen DIPA, manajemen supplier, manajemen pembayaran, manajemen kas, manajemen penerimaan, data SP2D pada bank, data mengenai gaji.

Selengkapnya: Petunjuk Manual Aplikasi OM SPAN

Hak Cipta © 2014 Portal KPPN. All rights reserved.