Cara Melakukan Pendaftaran/Registrasi Di Simponi

Cara Melakukan Pendaftaran/Registrasi Di Simponi

Cara Melakukan Pendaftaran/Registrasi Di Simponi | portalkppn.com – Simponi adalah aplikasi berbasis web untuk melakukan pembayaran/penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Berikut ini cara untuk melakukan pendaftaran/registrasi di Simponi.

  1. Akses website SIMPONI di alamat : www.simponi.kemenkeu.go.id;
  2. Kemudian klik tombol Daftar » Daftar Pengguna;
  3. Lalu akan muncul Form Pendaftaran Pengguna.
  4. Pilih Tipe Pengguna.
    cara daftar simponi Penjelasan :

    1. USER BILLING BUMN » Digunakan oleh wajib bayar perusahaan-perusahaan BUMN untuk penyetoran dividen bagian pemerintah. Untuk tipe ini bersifat offical dimana wajib bayar harus mengajukan resmi ke Direktorat PNBP, Ditjen Anggaran untuk memperoleh username dan password.
    2. USER BILLING K/L » Digunakan oleh wajib bayar atau wajib setor (bendahara satker KL) untuk penyetoran PNBP fungsional dan PNBP Umum pada KL bersangkutan.
    3. USER BILLING SDA NON MIGAS » Digunakan oleh wajib bayar (perusahaan) untuk penyetoran PNBP SDA Non Migas seperti Royalti, Iuran Tetap, Penjualan Hasil Tambang, DR, PSDH, PKH, PHP dll.
    4. USER BILLING MIGAS » Digunakan oleh wajib bayar (perusahaan) dibidang Minyak dan Gas Bumi untuk penyetoran PNBP Migas, DMO, Pendapatan Lainnya dari Kegiatan Hulu Migas. Untuk tipe ini bersifat offical dimana wajib bayar harus mengajukan resmi ke Direktorat PNBP, Ditjen Anggaran untuk memperoleh username dan password.
    5. USER BILLING NON ANGGARAN » Digunakan oleh Bendahara Pengeluaran untuk penyetoran pengembalian belanja tahun berjalan dan penyetoran sisa UP/TUP, disamping itu digunakan untuk pihak-pihak terkait untuk setoran PFK seperti setoran BPJS dari Pemda dll.
  5. Isi Data Wajib Bayar/Wajib Setor.
    cara daftar simponi Penjelasan :

    1. Khusus untuk pengguna User Biling KL dan User Biling Non Anggaran, apabila pengguna merupakan bendahara satker maka disarankan menggunakan nama instansi bukan nama pribadi misal “Bendahara Ditjen Anggaran”. Nama tersebut akan tercetak di Bukti Penerimaan Negara (BPN) yang diterbitkan bank/pos persepsi.
    2. Alamat email wajib benar karena SIMPONI akan mengirimkan “Aktivasi” ke alamat email yang dimaksud. Apabila email yang dimasukkan salah maka proses aktivasi tidak bisa berlanjut.
  6. Pilih Data KL, Unit dan Satker.
    cara daftar simponi Penjelasan :
    Untuk User Biling KL dan Biling SDA Non Migas, pemilihan KL, Unit dan Satker akan mempengaruhi Jenis PNBP yang akan dimunculkan oleh SIMPONI saat pembuatan biling.Misalnya :

    1. Apabila pengguna Biling KL memilih K/L : Kepolisian Negara RI, maka akan muncul jenis PNBP seperti SIM, STNK, BPKB dll.
    2. Apabila pengguna Biling SDA Non Migas memilih ESDM, maka akan muncul jenis PNBP seperti Royalti, Iuran Tetap dan Penjualan Hasil Tambang.

    Sebagai informasi bahwa SIMPONI juga memfasilitasi menu “Manajemen User” dimana pengguna dimungkinkan untuk melakukan perubahan data KL, Unit dan Satker. Jadi apabila terjadi kesalahan pemilihan KL, Unit dan Satker saat registrasi maka silahkan lakukan edit profile ketika sudah aktif sebagai pengguna SIMPONI.

  7. Isikan data Badan Usaha (Khusus tipe User Biling SDA Non Migas)
    cara daftar simponi Catatan Penting :
    Nama Badan Usaha diisi nama perusahaan, misal PT. Kaltim Prima Coal. Nama Badan Usaha ini akan tercetak di Bukti Setor/ Bukti Penerimaan Negara. Oleh karena itu, saat registrasi agar memasukkan nama badan usaha yang benar karena nama ini tidak bisa dilakukan edit/ perubahan saat sudah aktif menjadi pengguna SIMPONI.
  8. Pembuatan Username yang akan digunakan untuk login SIMPONI.
    cara daftar simponiCatatan :

    • Khusus Biling KL dan Biling Non Anggaran disarankan tidak menggunakan nama pribadi untuk username/user ID tersebut, karena User ID tersebut akan digunakan seterusnya oleh unit/satker yang bersangkutan. Misal bendahara satker bernama Subandi, maka tidak disarankan menggunakan user ID : “Subandi”.
    • Setelah semua data dirasa lengkap maka klik daftar dan SIMPONI akan mengirimkan notifikasi Aktivasi ke alamat email yang telah dimasukkan.
  9. Klik Aktivasi melalui email.
    cara daftar simponi
  10. Proses terakhir klik “Aktifkan” maka sudah aktif sebagai pengguna SIMPONI.
    cara daftar simponi

Proses registrasi SIMPONI telah selesai.

Silahkan di share, semoga bermanfaat.. 🙂

About PortalKPPN 140 Articles
Berbagi informasi tentang mekanisme pencairan dana APBN bagi penulis dan juga tentunya bagi seluruh satuan kerja di Indonesia. Baca : Disclaimer!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*