Cara Registrasi (Daftar) Menjadi Peserta Billing System Pajak | portalkppn.com – Saat ini Wajib Pajak dapat lebih mudah dalam pemenuhan kewajiban perpajakan dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas elektronik yang telah disediakan Direktorat Jenderal Pajak.

Apa itu Billing System?

Billing System adalah sistem yang menerbitkan kode billing untuk pembayaran atau penyetoran penerimaan negara secara elektronik, tanpa perlu membuat Surat Setoran (SSP, SSBP, SSPB) manual, yang digunakan e-Billing Direktorat Jenderal Pajak.

Salah satu fasilitas tersebut adalah e-Billing. Sistem pembayaran elektronik (billing system) berbasis MPN-G2 yang memfasilitasi Wajib Pajak untuk membayarkan pajaknya dengan lebih mudah, lebih cepat dan lebih akurat.

Bagaimana cara registrasinya?

Yuk simak langkah-langkah berikut.

Cara Registrasi Billing System

  1. Buka situs Billing System melalui internet dengan alamat http://sse.pajak.go.id untuk mendaftarkan User ID dan Personal Identification Number (PIN);
    cara daftar billing system pajak
  2. Masukkan data berupa NPWP, alamat e-mail yang valid untuk konfirmasi, dan User ID yang diinginkan;
    cara daftar billing system pajak
    cara daftar billing system pajak
  3. Anda akan menerima konfirmasi aktivasi melalui e-mail yang telah dimasukkan pada tahap sebelumnya. Pada e-mail tersebut akan tertera PIN dan User ID yang telah didaftarkan beserta link aktivasi;cara daftar billing system pajak
  4. Klik link aktivasi tersebut atau masukkan kode aktivasi secara manual;
    cara daftar billing system pajak
    cara daftar billing system pajak

Demikian cara registrasi untuk pembayaran pajak secara elektronik dengan menggunakan billing system DJP.

Silahkan di share, semoga bermanfaat.. 🙂

SHARE
Berbagi informasi tentang mekanisme pencairan dana APBN bagi penulis dan juga tentunya bagi seluruh satuan kerja di Indonesia. Baca : Disclaimer!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here