Tantangan dunia yang semakin global dan tuntutan stakeholders yang semakin mengharapkan perbaikan pelayanan sektor publik mendorong Kementerian Keuangan untuk secara berkelanjutan melakukan perbaikan.

Transformasi kelembagaan yang sudah beberapa tahun belakangan diinisiasi menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dalam menjawab tantangan dan tuntutan di atas.

Baca Juga : 10 Prilaku Utama Nilai-Nilai Kementerian Keuangan.

Pengembangan sistem dan struktur organisasi yang sudah dilakukan perlu mendapat dukungan human touch. Sebagai bagian dari bentuk kesadaran pentingnya peran SDM dalam menopang suksesnya transformasi, berdasarkan visi dan misi yang dicanangkan, Kementerian Keuangan menetapkan nilai-nilai Kementerian yang meliputi nilai-nilai integritas, profesionalisme, sinergi, pelayanan dan kesempurnaan sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor KMK-312/KMK.01/2011 tanggal 12 September 2011 tentang Nilai-Nilai Kementerian Keuangan.

Visi dan Misi Ditjen Perbendaharaan

Visi
Menjadi pengelola perbendaharaan negara yang profesional, modern, dan akuntabel guna mewujudkan manajemen keuangan pemerintah yang efektif dan efisien.

Misi

  • Menciptakan fungsi pelaksanaan anggaran yang efektif.
  • Mewujudkan pengelolaan kas yang efisien dan optimal.
  • Menciptakan sistem manajemen investasi yang tepat sasaran.
  • Mewujudkan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum yang fleksibel, efektif dan akuntabel.
  • Mewujudkan akuntansi keuangan negara yang akuntabel, transparan, tepat waktu dan akurat.
  • Mewujudkan dukungan teknis perbendaharaan yang handal, terintegrasi, terotomatisasi dan mudah diterapkan.
  • Menyempurnakan proses bisnis sistem perbendaharaan sesuai best practice.
  • Melaksanakan pemberdayaan dan integrasi seluruh sumber daya organisasi secara optimal.

Adapun Nilai-Nilai Kementerian Keuangan adalah sebagai berikut :

Integritas

Berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral.

Profesionalisme

Bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab dan komitmen tinggi.

Sinergi

Membangun dan memastikan hubungan kerja sama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas.

Pelayanan

Memberikan layanan yang memenuhi kepuasan pemangku kepentingan yang dilakukan degan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan aman.

Kesempurnaan

Senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik.


Kami, segenap Insan Perbendaharaan,
Menyatakan dengan Kesungguhan Hati
Akan Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan
Dalam Mengabdi Diri kepada Negeri

Integritas adalah Nafas Kami..
Profesionalisme Komitmen Langkah Kami..
Sinergi Menjadi Kekuatan Kami
Pelayanan Bukti Bhakti Kami
Dan Kesempurnaan Sebagai Tujuan Kami

Kami Siap Menjadi Agen Perubahan
Menjadi Teladan, Menginspirasi, Memotivasi,
Badn Menginternalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan
Bagi Diri Sendiri, Organisasi, Dan Lingkunan Kami

Semoga Tuhan Meridhoi dan Memudahkan Segenap Urusan Kami

Jangan lupa like & share..

SHARE
Berbagi informasi tentang mekanisme pencairan dana APBN bagi penulis dan juga tentunya bagi seluruh satuan kerja di Indonesia. Baca : Disclaimer!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here