Apa Itu Sakti?

0
52

Apa itu Aplikasi SAKTI ?

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi merupakan integrasi dari berbagai aplikasi yang digunakan oleh Satuan Kerja (satker).

Apa itu SAKTI

Selain integrasi aplikasi, SAKTI juga dirancang berdasarkan proses bisnis SPAN yang baru.

Berbagai modul yang ada di SAKTI :

  • Modul Penganggaran;
  • Modul Komitmen;
  • Modul Pembayaran;
  • Modul Bendahara;
  • Modul Persediaan;
  • Modul Aset Tetap;
  • Modul Pelaporan;
  • Modul Administrator

Saat ini satker menggunakan berbagai aplikasi untuk pelaksanaan anggaran dimana pada setiap aplikasi satker harus melakukan pengulangan input data pada setiap aplikasi. Kondisi tersebut memakan banyak waktu bagi Satker untuk melakukan pekerjaan yang bersifat administratif.

Melalui SAKTI, aplikasi akan mengakses satu database yang sama, sehingga menghindarkan duplikasi data dan mengurangi pekerjaan administratif.

Bagaimana hubungan SAKTI dengan SPAN

Interkoneksi antara SPAN dan SAKTI akan terjadi secara intensif, karena akan terjadi pertukaran data secara berkala antara SAKTI dan SPAN. Untuk mengakomodasi interkoneksi tersebut, akan disediakan beberapa jembatan komunikasi antara Satker dan KPPN untuk menyampaikan dan menerima data dari SPAN, sehingga dapat terjadi pertukaran data secara berkala yang tidak memberatkan satker. Berikut adalah beberapa jembatan komunikasi antara SAKTI dan SPAN :

Portal SPAN

Merupakan sarana interkoneksi SPAN dan SAKTI yang utama. Satker tidak perlu secara langsung datang ke KPPN untuk menyampaikan ADK, namun cukup masuk ke Portal SPAN dan mengakses menu yang ada untuk melakukan pengiriman ADK ke SPAN. Sebaliknya, penerimaan data dari SPAN juga akan dilakukan melalui Portal SPAN, sehingga satker tidak perlu lagi datang ke KPPN. Portal SPAN juga digunakan untuk melakukan validasi atas ADK yang dikirimkan oleh Satker. Validasi merupakan tanda bukti bahwa ADK berasal dari Satker yang benar dan telah diketahui dan disetujui oleh pejabat berwenang.

SMS SPAN

Sarana yang disediakan untuk Satker dalam memonitor status pengiriman ADK. Satker cukup mengirimkan SMS dengan format tertentu ke SPAN-SMS Service, untuk mengetahui status data keuangannya. Untuk mendukung komunikasi tersebut (Portal SPAN dan SMS SPAN), pengecekan atas keabsahan suatu dokumen akan dilakukan oleh sistem sehingga rekan-rekan Front Office (FO) KPPN tidak perlu lagi melakukan pengecekan manual terhadap keaslian suatu tanda tangan pejabat. Tanda tangan akan digantikan oleh Personal Identification Number (PIN) yang hanya diketahui oleh pejabat yang bersangkutan sehingga tanggung jawab pejabat yang bersangkutan.

Manual

Bagi satker yang tidak memiliki jaringan internet, jembatan komunikasi antara SPAN dan SAKTI menggunakan sarana manual seperti yang saat ini dilakukan, yaitu datang ke KPPN untuk menyampaikan ADK. Front Office (FO) KPPN akan membantu Satker melakukan upload ADK Satker tersebut atau Satker menggunakan sarana internet yang disediakan KPPN untuk meng-upload sendiri ADK mereka.

Apa perbedaan SAKTI dengan aplikasi Satker sebelumnya ?

  • Menggunakan satu database terpusat;
  • Memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dengan adanya proses enkripsi/dekripsi Arsip Data Komputer (ADK);
  • Dapat di-install di beberapa operating system (misal Windows, Linux);
  • Lebih mudah digunakan (user friendly);
  • Dapat dijalankan dalam spesifikasi PC/Laptop yang minimum;
  • Kinerja aplikasi yang lebih konsisten;

Bagaimana keamanan data SAKTI dijaga

Untuk menjamin keamanan data, semua data yang dipertukarkan dalam interkoneksi antara SAKTI dan SPAN harus memenuhi syarat keamanan data sebagai berikut :

  1. Kerahasian data :
    ADK yang keluar dari SAKTI akan dienkripsi untuk menjamin ADK hanya dapat dibaca oleh pihak pengirim dan penerima pesan. Selain itu dilakukan pula pembatasan akses ke Portal SPAN melalui registrasi user sehingga hanya orang yang terdaftar saja yang dapat melakukan pengiriman dan pengambilan data.
  2. Integritas data : »
    ADK SAKTI akan menggunakan pengamanan berupa hash code untuk masing-masing data, sehingga isi dan jumlah data yang disampaikan tidak akan berubah selama proses perpindahan data.
  3. Keaslian data :
    Setiap ADK akan dijamin keasliannya menggunakan PIN. Penggunakan PIN memastikan bahwa ADK telah diketahui dan disetujui oleh pejabat yang berwenang.

Sumber : Brosur Aplikasi SAKTI

Silahkan di share, semoga bermanfaat.. 🙂

Baca Juga :